Tips Memperbaiki dan Mengasah Kemampuan Otak

Memperbaiki kemampuan otak dengan mengisi teka-taki silang atau bermain game asah otak mungkin sudah sering kita dengar, tetapi ternyata ada juga hal-hal "aneh" yang juga mengembalikan kemampuan otak. Apa saja itu ? 



1. Mandi Sambil Menutup Mata
Aktivitas mandi memang cukup sulit dilakukan dengan mata tertutup. Untuk mempermudahnya, agan/aganwati bisa menyiapkan terlebih dulu sabun, sampo, atau produk-produk lain di sekitar agan/aganwati.
"Faktanya, melakukan sesuatu dengan mata tertutup merupakan cara tercepat untuk melatih fokus dan ingatan," ujar Ron White, pemenang kompetisi mengingat di Amerika Serikat untuk kedua kalinya.

2. Berdansa
Bergerak aktif tidak hanya mengaktifkan otak kecil (cerebellum), bagian otak yang berfungsi dalam kemampuan berpikir dan menerka, tetapi juga memproduksi protein yang membantu sel saraf berkomunikasi dengan lebih efektif.

"Berdansa merupakan interaksi sosial yang memperbaiki fungsi sel saraf. Serta, membantu jantung untuk memompa oksigen dan nutrisi ke sel-sel otak," ujar Gary Small, direktur Longevity Center di University of California Los Angeles dan penulis buku The Alzheimer's Prevention Program.

3. Mencoba Aksi Kidal
Jika agan/aganwati tidak kidal, cobalah beraktivitas dengan tangan kiri, seperti menulis atau menyikat gigi, atau sebaliknya bila agan/aganwati kidal. Ini akan membuat otak agan/aganwati "belajar" untuk melakukan hal yang baru. Saat menggunakan tangan yang tidak biasa dipakai untuk beraktivitas, akan lebih banyak area otak yang diaktifkan sehingga meningkatkan kemampuannya.
 
4. Bermain Pingpong (Tenis Meja)
Bermain pingpong akan meningkatkan kemampuan koordinasi interaksi mata dan tangan. Menurut Daniel Amen, peneliti pencitraan otak, penting bagi kita untuk memperbaiki kemampuan koordinasi ini sebab akan memudahkan otak untuk mengetahui apa yang harus dilakukan.

5. Belanja
Meskipun berbelanja akan memberi "beban" bagi kocek agan/aganwati, tetapi ada manfaat yang mengejutkan bagi otak di balik kegiatan tersebut. Small mengatakan, agan/aganwati melakukan banyak aktivitas fisik dan pikiran saat berbelanja, agan/aganwati berjalan, bertemu orang, membuat perhitungan.
"Setiap kegiatan itu akan merangsang bagian-bagian pada otak untuk lebih aktif," jelasnya.

Namun, agan/aganwati tetap harus membatasi uang belanja. Jangan sampai agan/aganwati kelepasan membeli barang-barang yang tidak diperlukan hingga membuat agan/aganwati stres kemudiannya.

6. Juggling
Menurut sebuah studi di tahun 2013 yang dipublikasi dalam jurnal Nature, belajar juggling dapat membuat sebagian area pada otak berkembang. "Ini karena aktivitas tersebut dapat melatih fisik, pengenalan pada pola, dan orientasi spasial yang mengaktifkan beberapa area sekaligus pada otak," terang Sills 


Sumber : Kaskus

Related Posts:

1 Response to "Tips Memperbaiki dan Mengasah Kemampuan Otak"